Dalam tes penalaran verbal, biasanya Anda diberi suatu teks informasi dan diminta untuk menilai satu set pernyataan dengan memilih salah satu dari kemungkinan jawaban berikut:

A – Benar (Pernyataan secara logis berdasar informasi atau opini yang terdapat dalam teks)

B – Salah (Pernyataan secara logis salah berdasar informasi atau opini yang terdapat dalam teks)

C – Tidak dapat diketahui (Tidak dapat menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah tanpa informasi lebih lanjut)

Dalam contoh berikut, jawablah tiap pertanyaan dengan mengklik A, B, atau C. Anda akan diberi tahu apakah jawaban Anda benar atau tidak.

"Banyak perusahaan merasa diuntungkan dengan mempekerjakan mahasiswa selama liburan musim panas. Pegawai tetap sering kali ingin mengambil hak cuti pada musim tersebut. Apalagi, perusahaan sering mengalami beban kerja tertinggi pada musim panas sehingga membutuhkan staf tambahan. Peluang kerja musim panas juga menarik mahasiswa yang setelah lulus nanti dapat kembali ke perusahaan sebagai calon yang memenuhi kualifikasi. Karena mahasiswa diminta mengenal sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut maka ada dorongan untuk bekerja secara tetap. Perusahaan menggaji mahasiswa dengan tarif baku tanpa tunjangan hari libur dan hak cuti sakit."

Pernyataan 1 - Ada kemungkinan bahwa pekerjaan pegawai tetap yang sedang berlibur ditangani oleh mahasiswa.

Pernyataan 2 – Mahasiswa yang bekerja di musim panas diberi tunjangan hari libur sama seperti pegawai tetap.

Pernyataan 3 – Mahasiswa wajib tunduk pada prosedur standar tata-tertib dan keluhan yang dimiliki perusahaan.

Pernyataan 4 – Sebagian perusahaan memiliki beban kerja lebih banyak di musim panas saat mahasiswa dapat melakukan kerja musim libur.

Kerjakan tes latihan lengkap

Contoh lain:

Bagian atas halaman Bagian atas halaman